A.
VISI
Perkembangan dan tantangan masa depan antara lain: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang sangat cepat, era informasi dan digitalisasi, serta semakin meningkatnya kesadaran masyarakat khususnya orang tua peserta didik terhadap pentingnya pendidikan, memicu sekolah untuk merespons berbagai tantangan sekaligus peluang itu. Hal inilah yang menjadi dasar tuntutan diimplementasikannya Kurikulum Merdeka secara bertahap untuk semua jenjang kelas yang dimulai pada TP 2022/2023 untuk kelas I dan IV, selanjutnya disusul kelas II dan V, kemubian kelas III dan VI. Sebagai wujud citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang
SD Negeri Dukuhdalem melakukan revisi rumusan visi sekolah, sebagai beriku
“TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG MEMILIKI PROFIL PELAJAR PANCASILA, SANTUN BERILMU, CERDAS, BERWAWASAN LUAS, DAN KOMPETEN DI BIDANG LITERASI
DAN NUMERASI ”
TAHUN 2027
C. misi
Untuk
mewujudkan Visi di atas, SD Negeri Dukuhdalem mempunyai
misi sebagai berikut:
1. Membina hubungan kemiteraan baik secara formal,
informal, maupun nonformal dengan seluruh komponen pendidikan, 2.
Mengembangkan sistem pembelajaran karakter
dan kompetensi terutama literasi dan numerasi. 3.
Membangun fondasi
pendidikan karakter peserta didik yang sesuai dengan Profil Pelajar
Pancasila. 4.
Mengembangkan sikap keteladanan. 5. Menjadikan sekolah sebagai pusat pengembangan kebudayaan
(agen of change) dan pengembangan teknologi modern dalam mendukung terlaksananya digitalisasi pendidikan . |
D.
tujuan SEKOLAH
1. Tujuan Jangka Pendek (1 tahun ke depan)
a. Tercukupi kebutuhan sarana
prasana sekolah untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang memotivasi minat serta
kebutuhan belajar.peserta didik.
b. Terlaksananya penilaian pembelajaran
dengan menggunakan sistem digitalisasi.
c. Meningkatnya kesadaran serta
ketaatan peserta didik dalam melaksanakan ibadah.
d. Tumbuhnya sikap simpati dan
empati peserta didik dalam meningkatkan kepedulian sosial.
e. Terlaksananya program sekolah
yang sesuai dengan kebutuhan dan prinsip kebhinekaan global di masyarakat.
f. Tesusunnya rancangan
pembelajaran yang sesuai dengan potensi daerah.
g. Terwujudnya sikap gotong royong
dalam kegiatan kelas maupun di lingkungan sekolah.
h. Terlaksananya pembelajaran HOTS
sebagai penguat daya pikir, bernalar
kritis serta kreativitas peserta didik.
i. Terlaksananya pembelajaran yang
mampu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik.
2. Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun ke depan)
a. Terlaksananya rancangan
pembelajaran berdeferensiasi yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
berdasarkan perbedaan tingkat kemampuan kognitif dan non kognitif peserta
didik.
b. Terlaksananya asesmen
pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian dengan menerapkan sistem digitalisasi.
c. Meningkatnya kemampuan peserta
didik dalam membaca Al-Qur’an dan menghafal surat-surat pendek.
d. Membudayanya sikap perilaku
hidup bersih sebagai bagian dari pada iman.
e. Meningkatnya kecintaan dan
kebanggan terhadap potensi local daerah.
f. Terlaksananya kerjasama dengan stakeholder
daerah atau Corporate Social
Responsibility
(CSR) dalam merancang
program pembelajaran berbasis budaya lokal.
g.
Meningkatnya
kesadaran dan kreativitas peserta didik dalam melakukan inovasi sederhana sebagai
solusi dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
h.
Terselenggaranya
kegiatan ekstrakurikuler secara optimal dalam mengembangkan minat, bakat, serta
potensi peserta didik.
3.
Tujuan Jangka Panjang (4 tahun ke depan)
a. Tersusunnya rancangan
pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi ciri khas sekolah.
b. Terciptanya lulusan yang
memiliki semangat serta mental sebagai pembelajar sejati.
c. Terwujudnya peserta didik yang
berakhlakul karimah, toleran, dan memiliki sikap kepedulian social tinggi.
d. Terwujudnya rasa memiliki,
bangga, dan cinta terhadap budaya local daerah.
e. Terjalinnya kerjasama dengan
pihak luar (dinas/instansi, sanggar, dan dunia usaha/industri) dalam memfasilitasi pengembangan potensi, minat dan
bakat peserta didik.
f. Terciptanya lingkungan belajar yang
kondusif, berkarakter, inovatif dan tanggap terhadap setiap perubahan positif.
g. Terpenuhinya semua fasilitas kebutuhan
belajar yang mendukung pembelajaran yang sesuai minat, bakat, serta potensi
peserta didik.